Top

Silaturahmi dan Pembinaan Kepegawaian Oleh Kakanwil di MAN 2 Kukar

Silaturahmi dan Pembinaan Kepegawaian Oleh Kakanwil di MAN 2 Kukar

Kukar (Madrasah) – Kamis (15/10) adalah hari yang membahagiakan bagi keluarga besar Madrasah Aliyah Negeri 2 Kutai Kartanegara karena mendapat kunjungan silaturahmi dan pembinaan kepegawaian dari Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Timur, Bapak Drs. H. Masrawan, M.Ag.


Acara tersebut dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Bapak Yudi Faisal, S.Ag, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Madrasah, Bapak Irfan Anshori Masdar, M.Pd. Dalam sambutannya Beliau mengatakan sangat bahagia dengan kedatangan Bapak Kakanwil ke MAN 2 Kukar dalam rangka silaturahmi dan pembinaan kepegawaian. Kita keluarga MAN 2 Kukar wajib bersyukur dengan kedatangan Bapak Kakanwil karena MAN 2 Kukar adalah madrasah pertama yang beliau kunjungi setelah beliau menjabat sebagai kepala kantor wilayah propinsi Kalimantan timur. Irfan juga mengatakan bahwa MAN 2 Kukar yang memiliki luas kurang lebih 2 hektar tersebut belum mendapat sertifikat karena tanahnya masih digugat oleh ahli waris. Ada beberapa bangunan mangkrak yang seharusnya bisa dimanfaatkan untuk ruang kelas belum selesai pembangunannya karena masih bermasalah dengan dana hibah . Dan gedung perpustakaan yang masih dalam proses pembangunan karena keterbatasan dana.
Pada kesempatan itu Irfan juga mengatakan kalau MAN 2 Kukar sudah banyak mendapatkan prestasi diantaranya Siswa MAN 2 Kukar mendapatkan Juara 1 dalam Lomba Dayung sekabupaten, Juara 1 Lomba mengarang Opini se kabupaten, Juara I Lomba Genre Tingkat Propinsi, satu satunya madrasah di Kalimantan Timur yang masuk final Lomba KoPSI Tingkat Nasional, 2 proposal yang masuk final lomba MYRES Tingkat Nasional dan 5 Tim masuk Final di LKTI Balitbangda Kukar. “Saya sangat optimis untuk ke depannya MAN 2 Kukar akan menjadi Madrasah yang hebat, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan MAN 2 Kukar ini, “tutur Irfan.


Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kutai Kartanegara, Bapak Drs. H. Mukhtar, MM. Dalam sambutannya beliau mengatakan kalau MAN 2 Kukar sekarang sudah berkembang sangat pesat. Beliau dulu pernah menjabat sebagai Kepala Madrasah di MAN 2 Kukar,beliau juga yang pertama kali membuka jurusan Keagamaan di MAN 2 Kukar. Pertama kali dibuka jurusan keagamaan ini belum banyak peminatnya tapi sekarang sudah luar biasa peminatnya, Jurusan keagamaan tidak kalah bersaing dengan jurusan IPA dan IPS. “Saya sangat optimis kalau MAN 2 Kukar ini mampu menjadi yang terbaik dan mampu bersaing di Tingkat Nasional, “harap Mukhtar.
Bapak Kakanwil, Drs. H. Masrawan, M.Ag dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan beliau ke MAN 2 Kukar hari ini adalah untuk melakukan kegiatan pembinaan kepegawaian juga menjalin hubungan silaturahmi dengan seluruh keluarga besar MAN 2 Kukar. Beliau mengatakan bahwa menjalin hubungan silaturahmi itu sangat penting, dan ini adalah berkah yang harus di syukuri karena saya melangkah ke MAN 2 Kukar ini adalah karena Allah SWT yang menggerakkan hati saya untuk bersilaturahmi dan melakukan pembinaan pegawai di MAN 2 Kukar hari ini. Pada kunjungannya H. Masrawan menegaskan ada 2 hal yang harus dimiliki oleh seorang pegawai yaitu filosofi “3 Paham “ dan “STMJ”.


“3 Paham” itu kata beliau yang pertama paham terhadap pekerjaan, semua guru harus paham akan pekerjaannya misalnya guru Bahasa Indonesia harus menguasai dan paham akan tugasnya sebagai guru Bahasa Indonesia, Guru matematika harus paham akan tugasnya sebagai guru matematika, dan lain-lain. Paham yang kedua adalah paham terhadap atasan, guru harus paham terhadap wakil kepala madrasah, wakil kepala madrasah harus paham terhadap kepala madrasah. Paham yang ketiga adalah paham terhadap bawahan, kepala madrasah harus paham terhadap wakil kepala madrasah, wakil kepala madrasah harus paham terhadap guru. “3 Paham” ini harus kita miliki tidak boleh ada yang kurang, kalau “3 Paham” ini kita jalankan InsyaAllah Madrasah akan aman dan sukses.


Motto “STMJ” dalam jabarannya yaitu S adalah setia, sabar dan sayang, T adalah transparan atau terbuka, M adalah Musyawarah, dan J adalah jujur. Ini adalah modal bagi kita sebagai pegawai. Kalau ini kita jalankan maka kita semua akan menjadi orang yang paling aman dalam segala hal.


“Saya akan membantu dan mendukung MAN 2 Kukar untuk mendapatkan sertifikat tanah karena saya sudah membuat MOU dengan Badan Pertanahan Nasional supaya mempermudah mengamankan aset yang dimiliki oleh Kementerian Agama Kalimantan Timur, “tutup H. Masrawan.


Setelah acara, H. Masrawan juga menyempatkan untuk berkeliling untuk melihat bangunan di MAN 2 Kukar yang belum selesai . Beliau juga berharap silaturahmi ini bisa bermanfaat serta mampu memberikan motivasi bagi seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MAN 2 Kukar.(rw) 

Kerjasama

Talk to us

081548740007