Top

MAN 2 Kukar Gelar Percagab ke XII Secara Daring

MAN 2 Kukar Gelar Percagab ke XII Secara Daring

Kukar (Madrasah) - Kepala Madrasah, Bapak Irfan Anshori Masdar, M.Pd didampingi oleh Waka Kesiswaan sekaligus ketua panitia, Ibu Dra. Rosita Emiliah membuka secara resmi Pertemuan Calon Penegak Baru (Percagab) Ke XII Tahun 2020. Percagab dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kutai Kartanegara Senin (28/09) secara daring.

Kegiatan Percagab ini dilaksanakan dari tanggal 28 – 30 September 2020 dengan materi tentang UU No 12 Tahun 2010, Sejarah Pramuka, Tekpram, Pakaian Seragam Pramuka, Ektrakurikuler Pramuka dan Tali temali. Peserta mengikuti kegiatan tersebut secara daring menggunakan Google Meet di rumah masing-masing. Kegiatan yang diikuti oleh 288 siswa madrasah ini dibagi ke dalam 2 room google meet, yaitu room putra dan room putri, sehingga pemateri menyampaikan materi secara bergantian dikedua room tersebut. Materi tersebut disampaikan oleh pembina Pramuka MAN 2 Kutai Kartanegara.

Percagab merupakan rangkaian program kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan yang kini masuk dalam salah satu kurikulum wajib sekolah. Oleh karena itu semua peserta didik baru wajib mengikuti kegiatan ini.

Dalam sambutannya Kepala Madrasah merasa gembira dan bangga atas terselengaranya kegiatan ini. “Kegiatan ini sangat saya apresiasi walaupun dilaksanakan dalam kondisi pandemi, namun saya harapkan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai, karena dalam kegiatan ini akan banyak disampaikan materi yang sangat bermanfaat bagi siswa baru yang akan menempuh pendidikan disini. Saya juga mengucapkan terima kasih dan bangga terhadap semua pihak yang terlibat dalam mensukseskan kegiatan ini meskipun kegiatan ini dilaksanakan secara daring karena situasi pandemic Covid-19 yang peningkatannya masih signifikan. Diharapkan kepada siswa yang telah mengikuti kegiatan Percagab XII ini bisa melatih kemandirian dan kedisiplinan siswa. Karena di Pramuka diajarkan tentang ketrampilan, seperti memasak, P3K, dan lain-lain. Kegiatan Pramuka sangat relevan dengan kurikulum 2013 yang dapat kita lihat pada Dasadarma Pramuka terutama pada Dasadarma Pertama dan Kesepuluh. Pada Dasadarma Pertama memuat tentang bagaimana meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan KI 1 tentang Sikap Spiritual. Kemudian pada Dasadarma kesepuluh “suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan” itu mencakup KI2, KI3 dan KI4 yaitu tentang sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan.” ungkapnya.

Sementara itu Waka Kesiswaan sekaligus ketua panitia Percagab XII, Dra. Rosita Emiliah mengungkapkan bahwa kegiatan Percagab ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya bagi peserta didik baru. Tujuan digelarnya acara ini agar para siswa-siswi baru yang akan mengikuti pendidikan di madrasah ini selama tiga tahun ke depan memiliki karakter dan mental yang tangguh seperti disiplin, loyal, berani dan bertanggung jawab.

“ Kegiatan ini dalam rangka memupuk mental,karakter dan moral, sehingga setelah keluar dari lembaga pendidikan mereka menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.Kegiatan yang digelar ini sebagai bekal bagi mereka dikemudian hari.” ungkap Rosita selaku ketua panitia. (rw/s/re).

 

Kerjasama

Talk to us

081548740007