Top

MAN 2 Kukar Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW secara virtual

MAN 2 Kukar Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW secara virtual

Kukar (Madrasah) – Madrasah Aliyah Negeri 2 Kutai Kartanegara melaksanakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 yang dilakukan secara virtual melalui channel Youtube MAN 2 Kukar, Sabtu (14/10/2020) dengan penceramah Al Ustadz Ahmad Arifin.

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1412 mengambil tema “Meneladan Akhlak Rasulullah SAW Untuk Menjadi Generasi Hebat Bermartabat”.  

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala MAN 2 Kukar,  Kepala Tenaga Administrasi dan staf, wakil kepala madrasah, Bapak/Ibu guru serta para siswa MAN 2 Kukar yang mengikuti jalannya kegiatan secara virtual dari rumah masing-masing. Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh siswa MAN 2 Kukar dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Madrasah.

Dalam sambutannya Kepala MAN 2 Kukar, Bapak Irfan Anshori Masdar mengatakan bahwa kita wajib meneladani  Akhlak Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW mempunyai sifat Siddik dalam Bahasa kita sekarang adalah Integritas. Integritas artinya ada kesamaan antara hati dan perbuatan. Nabi kita sudah memberikan keteladanan yang luar biasa yaitu kejujuran. Mari kita melaksanakan sifat daripada Nabi Muhammad ini. Disisi lain Nabi juga mempunyai sifat amanah, amanah adalah dapat dipercaya. Kita sebagai Kepala Madrasah, guru, staf TU, siswa, harus bisa melaksanakan amanah yang diberikan kepada kita dengan baik. Amanah dan jujur ini sangat mudah diucapkan tapi tidak mudah untuk kita kerjakan. “Mudah-mudahan kita bisa meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad ini, sehingga hidup kita menjadi penuh berkah, “ jelas Irfan.

Dalam kesempatan ini Al Ustadz Ahmad Arifin dalam tausiyahnya menyampaikan pentingnya meneladani akhlak rasulullah dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk meneladani akhlak Rasulullah yaitu dengan mengamalkan sunnahnya, mengikuti semua ucapan dan perbuatannya, melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangannya, serta menghiasi diri dengan adab-adab (etika) yang beliau (contohkan), dalam keadaan susah maupun senang dan lapang maupun sempit. Misalnya makan dan minum tidak boleh berdiri, masuk ke kamar mandi dengan kaki kiri dan membaca doa, setelah selesai keluar dengan kaki kanan dan membaca doa. Hal ini adalah hal sangat kecil namun pengaruhnya sangat besar bagi kehidupan kita. Kemudian khusus untuk siswa-siswi madrasah adalah pentingnya untuk menjaga adab terhadap orang tua dan guru karena adab lebih tinggi daripada ilmu. Ketika seseorang memiliki ilmu tanpa akhlak, maka dia akan lupa siapa dirinya yang sesungguhnya, lupa akan akhlak Rasulullah SAW. Lupa bahwa dia adalah makhluk yang sangat lemah. “ Semoga kita semua menjadi insan yang hebat bermartabat dengan mencontoh akhlak Rasulullah SAW, “ harap Ustadz.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini berlangsung dengan hikmat dan ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Ustadz Ahmad Arifin.(rw).

Kerjasama

Talk to us

081548740007