Top

MAN 2 Kukar Gelar IHT Untuk Tingkatkan Manajemen Madrasah dan GTK

MAN 2 Kukar Gelar IHT Untuk Tingkatkan Manajemen Madrasah dan GTK

Kukar (Madrasah) – Madrasah Aliyah Negeri 2 Kukar menyelenggarakan In House Training untuk meningkatkan manajemen madrasah dan GTK demi terwujudnya generasi qur’ani, mandiri, berprestasi dan berbasis riset. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin (09/11) sampai hari Rabu (11/11) yang diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan MAN 2 Kukar yang terbagi dalam dua tempat karena masih dalam pandemi covid-19. Yang hadir secara luring bertempat di aula madrasah tetap memperhatikan protokol kesehatan dan yang hadir secara daring melalui aplikasi zoom di rumah masing-masing.

In House Training dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Bapak Drs. H. Masrawan, M.Ag. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan oleh MAN 2 Kukar ini sangat tepat sekali karena kegiatan ini adalah untuk menunjang kependidikan kita. Pengembangan madrasah kedepan dihadapkan kepada sebuah pilihan untuk tetap berkiblat kepada konteks perubahan-perubahan yang begitu cepat. Pengembangan madrasah akan mengalami dinamika yang luar biasa manakala ia mampu mempertimbangkan fungsi sosial, politik dan ekonomi serta global. Pada tataran fraksis, madrasah dituntut lebih dari menjalankan peran yang selama ini sudah dialamatkan kepadanya. Madrasah Aliyah akan mampu memberikan andil bagi pemenuhan tuntunan dan kebutuhan masyarakat ke depan.

“Saya selaku Kakanwil mengucapkan apresiasi yang sangat tinggi kepada Bapak Kepala MAN 2 Kukar dan juga Kepala kemenag Kukar yang begitu antusias dalam menyukseskan acara ini," imbuh H. Masrawan.

Acara dilanjutkan dengan materi Strategi Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, Bapak Drs. H. Hakimin, M.M. Menurut Pak Hakimin, untuk meningkatkan mutu madrasah maka strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi madrasah antara lain harus melihat kemampuan mengajar guru, optimalisasi penggunaan media dan sarana pendidikan, melaksanakan supervisi secara rutin, menjalin kerjasama dengan mitra madrasah, menerapkan disiplin yang ketat dalam meningkatkan prestasi tapi tidak disiplin mati artinya ada kebijakan dan fleksibilitas. Yang diharapkan kedepan dari peningkatan prestasi ini adalah input dari siswa yaitu prestasi akademik dan output adalah bagaimana nanti siswa madrasah bisa melanjutkan ke Universitas ternama baik nasional maupun internasional.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kutai Kartanegara menyampaikan materi tentang Menuju madrasah Bermutu. Untuk menjadi madrasah yang bermutu maka kita harus melakukan pelayanan prima kepada masyarakat. “Dalam menghadapi tantangan ke depan yaitu 100 tahun Indonesia merdeka, maka kita harus memperbaiki kualitas pendidikan kita yaitu dengan komitmen untuk berubah agar madrasah kita menjadi Madrasah Hebat, Bermartabat, Go Nasional dan Go Internasional," harap H. Mukhtar.

Bapak Irfan Anshori Masdar, M.Pd mengucapkan terima kasih yang luar biasa kepada Kakanwil yang sudah menyempatkan diri untuk hadir membuka In House Training MAN 2 Kutai Kartanegara. Irfan juga menyampaikan materi pada kegiatan IHT ini adalah Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang disampaikan oleh Bapak DR. Suwito, M.Pd dan materi KTSP yang disampaikan oleh Bapak Drs. H. Ruspiani, M.Pd. “Semoga ke depan MAN 2 Kukar bisa menjadi madrasah yang Hebat, Bermartabat, Go nasional dan Go Internasional," harap Irfan. (rw)

Kerjasama

Talk to us

081548740007